Dead by Daylight : LOP Guide

No Comments
Warning: This game is mostly known for its annoying bug that usually occurs at the seasonal rank-reset. The developer still have no idea how to deal with it.
Ceritanya, sekitar tanggal 25 Januari 2018 lalu, gue kehilangan seluruh progress permainan Dead by Daylight gue setelah main 124 jam lamanya. Kejadiannya sih saat ranking reset dan gue tetiba disconnected ditengah antrian di lobby. Tanpa pikir panjang ya gue keluar game aja, lalu login aja seperti biasa.

Setelah logged in, gue dihadapkan dengan agreement EULA yang seumur-umur gue gak pernah dapet, berasa abis nge-cheat aja gitu. Gue OK-in, dan taraaaaaa, semua point dan level ke-reset jadi NOL. After I paid all of your DLC and spending precious hours, this is how you repay me?

KZL banget waktu itu. Karena gue nggak tahu menahu kalo ternyata bug ini udah sangat umum di kalangan komunitas dengan topik Dead by Daylight LOP (Lost of Progress).

Jadi, kalo lo nyasar ke post ini di saat progress game lo masih baik-baik aja, lo termasuk salah satu pemain yang beruntung. Karena umumnya nggak ada yang tahu kalo ada bug ini eksis, sebelum akhirnya mereka terlanjur kehilangan save data.  So, how do we prepare for this?

Lo masih di tengah permainan?

Jika lo masih di dalam game, lalu tetiba disconnected tanpa alasan yang jelas kayak gue tadi, ada kemungkinan lo main di tengah-tengah rank-reset atau update patch terbaru. Tapi whatever the reason, lo tetep pingin jaga-jaga kan? Caranya adalah dengan 'mengakali' Steam Cloud biar nggak ngerekam state terakhir game lo.  Gini tahapannya:

1. Jangan buru-buru KELUAR dari game, stay in the game!
2. Matiin Steam Cloud, klik: library > dbdl  > properties > update > steam cloud
3. Tutup/keluar dari game
4. Hapus folder 381210 di tempat lo install Steam. Lokasi default ada di:
C:\Program Files (x86)\Steam\userdata\YOUR_ID_NUMBER_HERE\381210

5. Nyalain lagi Steam Cloud tadi, lalu tutup/end task seluruh layanan Steam yang lagi jalan.
6. Sekarang buka lagi Steam lo dan jalanin DBD. Di titik ini, harusnya lo udah dapet save-an terakhir dari Steam Cloud sebelum lo disconnected.

Terlanjur apes : Semua data hilang

Kalo udah terlanjur sial, satu-satunya harapan adalah kirim e-mail ke Behaviour Developer. Begini tahapannya:

1. Ganti setting privasi akun steam lo ke 'Public', biar makin mempermudah pengecekan.
2. Buka e-mail (yang terdaftar di akun steam lo), ketik tujuan e-mail ke: deadbydaylight@bhvr.com
3. Tulis subject : LOP (Loss of Progress), lalu cantumkan di body e-mail URL Steam Profile lo. Ex: http://steamcommunity.com/id/yoururlprofile

Demi memperbesar kemungkinan dibaca tim developer, kasih drama dikit lah ...

4. Cantumkan juga Player ID Dead by Daylight lo yang bisa lo temukan di in-game setting menu di bagian pojok kiri bawah. Jangan lupa lampirkan screenshotnya dalam bentuk attachment.


5. Langsung kirim! Lalu tunggu balesan dari developer. Nggak perlu nge-spam e-mail karena kayaknya setiap LOP complaint akan langsung masuk antrian. So, be patient!


Kalo di kasus gue, butuh genap 15 hari untuk ngedapetin refund berupa 7.300.000 bloodpoints dari developer. Walaupun sempet kzl dan sedy-sedy, yaaa akhirnya semangat main lagi deh! Subscribe kalo lo suka sama post ini, dan feel free to comment!

                                                                                                   ***

Berikut referensi thread lengkap seputar Dead by Daylight LOP yang bisa lo ceki-ceki:

What to do guide by Soppa

Save data lost support by bhvr_pgordon

Backing-up save games by bhvr_sbdaniel

0 respon:

Post a Comment