Try Your Pokopang Unique Strategy!

No Comments

Selamat datang para desperate Pokopang Warrior.

Empat hari belakangan ini gue lagi rutin-rutinnya main pokopang karena penasaran gimana caranya temen-temen gue bisa punya skor yang melambung diatas ekspektasi orang normal.

Dan sebagai gamer-geek dan seorang analis handal, berikut hasil analisa gue untuk selanjutnya diharapkan bisa meningkatkan kesejahteraan skor pokopang kalian, para Pokopang-Warriors.

Note: Jika kamu adalah tipe pemain pokopang yang "Yaelah main mah main aja nggak usah banyak mikir" please, you may leave this post immediately :)


Lanjut nih?
 
Pada dasarnya, game selalu dibuat oleh geeks dan untuk geeks. Karena geeks adalah pemikir dalam dan detil, jadi kamu pun juga harus paham bahwa di dunia ini nggak ada game yang nggak bisa dibikin analisa teknisnya.

Nah, dengan post ini semoga skor kalian bisa cepat melesat hore and beat your friends \o/

Scores Source:

1.  Attack Blocks :

Attack block muncul saat kamu nge-swipe block-block yang warnanya sama. Semakin tinggi damage attack block kamu, semakin cepat monsternya mati. Kamu akan dapat skor tambahan saat kamu nge-last hit si monster.

Tips: Attack blocks mungkin penting, tapi nggak esensial. Karena perbandingan antara sebelum dan sesudah upgrade paling cuma +2 attack aja, and it's not making any different. Tapi buat yang baru main, mendingan upgrade attack block kamu jadi sekitar 50 damage. Sisanya kamu upgrade setelah kamu tajir cherry.

2. Animal Summons

Animal summons adalah kontributor monster-killing kamu dalam game. Selain itu, setiap animal-summons punya efek (Add-Additional-cherry, poison, bombs) untuk ngebantu skor game kamu. 

Animal-summons block akan muncul di tengah-tengah game. Cara summonnya, kamu harus giring animal blocknya sampai ke bawah layar. Jadi, selain nimpukin monster dengan attack blocks, animal summons juga membantu mempercepat matinya si monster. Semakin tinggi power animal kamu, monsternya juga bakalan cepet mati.

Tips: Satu-satunya masalah di animal summons adalah slot dan tipe animal. Jadi, hemat-hematlah gems kamu untuk buka slot animal berhubung di awal main kamu belum punya animal summons yang cukup powerful. 

3. COMBO

Combo adalah multiplier, dimana semua score-source kayak power-ups, animal blocks, attack blocks, bombs dan rainbow bermuara. Combo bisa didapat saat kamu berhasil nge-swipe block minimal 3 buah, dan ini adalah faktor yang sangat krusial demi menunjang tingginya skor pokopang kamu. Semakin tinggi combo, semakin tinggi juga skor kamu yang di multiplied. Misal, combo kamu 50, berarti semua score-source kamu akan dikalikan 50.

Tips: Combo-building adalah hal terpenting di pokopang. Combo putus adalah sangat HARAM hukumnya.

4. Rainbows

Rainbow adalah block untuk menghilangkan semua block yang memiliki satu warna. Rainbow blocks bisa kamu dapatkan dengan nge-swipe block lebih dari 6 blocks, atau dari pop-up power ups kayak "Double Rainbow".

Tips: Use your rainbow wisely. Rainbow paling efektif dipakai saat udah nggak ada 5-6 block untuk di swipe (biasanya tinggal 3-4 block aja).

5. Bombs

Bombs : Bombs-block bisa kamu dapatkan saat kamu berhasil nge-swipe sekitar 7 blocks. Area ledakannya berbentuk bintang (5 arah).

Super Bombs: Bombs-block yang paling banyak diharapkan. Super bomb bisa kamu dapatkan saat kamu berhasil nge-swipe block lebih dari 10 blocks. Area ledakannya berbentuk bulat (radius sekitar 3 block dari pusat ledakan).

Tips: Pemakaian bombs yang paling efektif pastinya saat si bomb berada di tengah, jadi jangkauan ledakan bisa lebih luas.

6. Result Bonus


Result bonus yaitu Level Bonus (Total swiped block x level kamu), Game Score (Total maksimum skor yang bisa kamu hasilkan saat main game) plus sekarang sih ada event Museum Bonus juga (Tergantung udah berapa foto yang berhasil kamu selesaikan).

7. Animal Blocks

Animal Blocks muncul saat kamu nge-pick animal summons. Kalau kamu nggak pakai summons, ya pasti nggak ada. 

Tips: Animal Blocks lebih efektif kamu pakai saat main game. Seperti halnya power-ups, animal block saat main game dihitung berdasarkan power animal kamu dikali jumlah combo. Sementara saat bonus time, yang dihitung cuma murni power aja.



Recomended Strategy:

Nah, sekarang udah ngerti kan dari mana aja sumber skor berasal. Sekarang gue mau share beberapa strategi yang udah gue coba untuk maksimalin skor berikut dengan perkiraan hasilnya. Dari sini pembagian waktu game gue bagi jadi tiga:

- Main Game : Waktu yang disediakan game yaitu 60 seconds
- Bonus Time : Muncul saat main game udah selesai tapi kamu masih nyisain power-ups yang belum sempet dipakai.
- Magic Seconds : Adalah sebuah perpanjangan waktu (beli pake gems) yang muncul saat jarak antara skor kamu sekarang dengan top score kamu sebelumnya sekitar 200.000-500.000. 

The best I can do this time
Status account gue saat ini adalah :
- Attack blocks udah maksimal
- Animal Summons : Crasso lv.2/Schat lv.3/Cottoni lv.2
- Level 37

Dan catatan aja, semua perkiraan skor dibawah ini belum diakumulasikan sama Result Bonus.

1. Go with the flow

Strategi untuk pemain pemula level basic. Ya go with the flow aja. Main mah main aja, nothing special.

Kelebihan : Nggak stress

Kekurangan : Kamu nggak akan tahu range maksimal dari skor yang sebenernya bisa kamu dapatkan lebih dari skor kamu saat main sekarang.


2. Free Time Power-Ups

Ide dasar: Memakai semua power ups (rainbow,bombs) saat main game rampung, yakni saat bonus time berlangsung. Jadi strategi ini cuma ngefokusin seberapa panjang combo yang bisa kamu hasilkan sepanjang satu menit (Maksimal combo satu menit biasanya 50-80).

Result: Tadinya sih berharap dengan menghemat semua power-ups di bonus time (karena saat bonus time kan waktu nggak jalan alias gratis) skor bisa lebih gede. Faktanya, saat bonus time semua combo yang kamu build HANGUS. Dan sisa power-ups yang kamu sisain dan dipake saat bonus time cuma bernilai 2000-3000 karena nggak dikali combo dan multiplier.

Perkiraan skor: 500.000-1.200.000


2. Extension Hope

Persiapan : Attack block minimal diatas 100, Attack block power-ups (Yang gambar bintang, tripled your attack block for 10 seconds), dan paket power-ups (yang gocengan).

Ide dasar : Memakai semua super-bombs/rainbow/triple attack block sehabis main game selesai dengan harapan bisa dapet "Magic Seconds" di akhir game.

Result : Magic Seconds nggak akan keluar ketika bonus time keluar duluan. Jadi yah, gagal deh...

Perkiraan Skor: 300.000-700.000


3. Hurry Attacks

Persiapan: Attack block maksimum, attack block power-ups, dan paket power-up gocengan.

Ide Dasar: Memakai semua super-bombs/rainbow/triple attack block tepat 10 detik terakhir SEBELUM main game selesai. Maksimalkan juga dengan memakai"I'm a painter" atau "Double Rainbows" kalau kamu ditawarin sebelum game mulai.

Kelebihan: Skor kamu terjamin tinggi.

Kekurangan :

- Banyak block-block panjang yang nggak sempet di-swipe karena kamu fokus sama sisa power-ups dan animal blocks. 10 detik terakhir itu waktu yang cepet banget. Kamu bakalan cukup keder nge-touch semua sisa powerups sebelum game berakhir. Belum lagi block-block yang bisa kamu manfaatin setelah big impact tadi berlalu, tapi gue yakin kalian nggak akan sempet.

- Karena semua rainbow dipakai di akhir bersamaan dengan bombs, ya kamu harus rela semua block-block panjang hasil dari sortiran rainbow (Yang harusnya bisa kamu manfaatkan untuk generate bomb lagi) dibumi-hanguskan sama bombs. Lho, kenapa nggak pakai bombs dulu baru rainbow? Karena blocks yang keluar sehabis bombs biasanya acak-acakan (walaupun random) dan jumlah block se-warna yang bisa disortir rainbow cenderung sedikit.

Result : Dari kesekian strategi yang udah sukses dijajal, strategi inilah yang paling punya hasil signifikan.

Dengan memaksimalkan semua power-ups dan triple attack block untuk digunakan di sepuluh detik terakhir itu sesuatu banget. Bayangin aja, disamping combo kamu tentunya udah tinggi (50-70), semua power-ups dan animal blocks dihajar habis-habisan sambil dikaliin 3 selama 10 detik. 

Belum lagi dengan tambahan animal blocks dan friend's animal help yang (kali aja) belum sempat kamu pakai sampai akhir game. Wow!

Skor bisa kamu stretch lagi rangenya dengan memperbanyak combo dan jangan keputus sampai akhir game. Jangan lupa kalau ditawarin "Magic Seconds", selama kamu ada gems hajar aja langsung!

Perkiraan Skor: 1.500.000 - 3.500.000

Others: 


Powerful Summons : Sekaowa


Sekaowa adalah band asal Jepang yang aslinya bernama Sekai No Owari, lalu dijadiin animal summons di Pokopang dengan display "keroyokan" karena otomatis kamu dapet 4 slot animal summons (YAIYALAH MEREKA KAN BAND). Efek dari summons ini bisa generate 1 superbombs dan powernya bisa +56 setiap summons berikutnya. Kenapa badut yang di Pokopang ada tanduknya sementara yang asli nggak ada, tetap menjadi misteri sampai sekarang.

Cara ngedapetinnya :

1. Aslinya, satu-satunya cara ngebuka Sekaowa adalah memodifikasi (MOD) settingan regional dari android dengan More Locale 2 di Google Playstore, yang nantinya otomatis ngefek ke semua game kamu menurut regionnya masing-masing. Dan karena Pokopang game Jepang, makanya Sekaowa bisa kebuka. Buka More Locale, ganti bahasanya ke Japan, dan kalau Pokopangnya udah ngikut jadi bahasa Jepang, "Congrats! You've unlocked Sekaowa!", katanya.


2. Banyak guide yang menyarankan root dulu androidnya, tapi gue tetep nyobain dua-duanya (Root dan Unroot) dan tetep gagal. Eh, ternyata isunya sih, Sekaowa ini udah nggak available lagi karena eventnya di Jepang sana udah tutup.


Powerful Summons : Amoy

Si Amoy ini banyak banget diomongin dan kemungkinanya buat di unlock masih jadi perdebatan. Satu screenshot yang beredar soal pemakainya, skornya bisa sampe 2 MILYAR BOK!


Jadi, berapa skor Pokopang kamu sekarang? Atau mungkin ada yang mau nyumbang strategi barunya? Just leave your wise comment below yah!

***

0 respon:

Post a Comment